Baitul Arqam Dosen & Karyawan "Merajut Kebersamaan Menuju STIKES Muhammadiyah Klaten Yang Berkemajuan"
In House Training "Metode Pembelajaran Klinik Preceptorship Pendidikan Profesi Ners"
Darul Arqam Paripurna "Membentuk Karakter Tenaga Kesehatan Muhammadiyah Yang Berkemajuan"
Kuliah Umum "Milenial Anti Hoax"

Jumlah Pengunjung  

Hari ini235
Kemarin165
Minggu ini640
Bulan ini2394
Total123057
   

Kalender Akademik 2018/2019  

   

Profil STIKES Muhammadiyah Klaten  

 
   

Sertifikat Akreditasi  

   

Link Terkait  

   

Portal Kepegawaian  

   

Seminar Nasional Keperawatan "Healty Aging"

Detail

Peraturan Pra dan PKKMB MASTA 2019

Detail

1. Peraturan peserta Pra-PKKMB Masta

Peserta memakai pakaian bebas sopan dan bersepatu, pakaian tidak boleh ketat, tidak boleh memakai celana levis/jeans.

Bagi perempuan jilbab tidak boleh transparan.

2. Peraturan Peserta PKKMBMasta

Datang tepat waktu, jika terlambat :

<5 menit             = 1 lagu wajib, 4 surat pendek

5-10 menit         = 2 lagu wajib, 5 surat pendek, pancasila

10-15 menit      = 5 lagu wajib, 7 surat pendek, pancasila

>15 menit          = 5 lagu wajib, 9 surat pendek, pancasila, UUD 1945

Bagi perempuan seragam atasan putih panjang 15cm dibawah pantat (kemeja polos), rok hitam lipit 2, baju tidak boleh ketat, jilbab putih polos, memakai dalaman jilbab berwarna putih. Memakai pantofel dan kaos kaki putih.

Bagi laki-laki seragam atasan kemeja putih panjang dan polos, bawahan hitam tidak boleh ketat atau pensil. Memakai peci hitam. Memakai sepatu pantofel dan kaos kaki putih. Rambut tidak boleh panjang,potongan 3,2,1, tidak boleh bertindik, tidak boleh membawa benda tajam,minuman keras, rokok,dan obat-obatan terlarang.

Tidak boleh memakai dan membawa make up.

Kuku tidak boleh berwarna dan panjang

Tidak boleh membawa dan memakai perhiasan.

Peserta wajib membawa barang penugasan dari panitia. Apabila peserta tidak membawa, maka ia akan membawa barang tersebut pada hari berikutnya.

Tidak boleh membawa handphone/alat komunikasi lainnya.

Untuk hari ketiga, peserta memakai baju batik berwarna merah. Dengan ketentuan, perempuan : atasan 15 cm dibawah pantat , bawahan rok hitam lipit 2,jilbab putih memakai dalaman jilbab berwarna putih, kaos kaki putih, kaos kaki putih, pantofel hitam. Laki-laki : bawahan hitam tidak boleh ketat atau pensil. Memakai peci hitam. Memakai sepatu pantofel dan kaos kaki putih.

Download panduan dan rundown acara

KUNJUNGAN LAPANGAN FARMASI BAHAN ALAMI DI BALAI BESAR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TANAMAN OBAT DAN OBAT TRADISIONAL (B2P2OOT)

Detail
Hari/tanggal: Selasa, 19 Maret 2019
Pukul  : 05.30 WIB – selesai
Tempat : B2P2TOOT, Tawangmangu. Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal. Indonesia juga memiliki obat tradisional yang secara turun temurun diwariskan oleh nenek moyang kita yaitu Jamu.Obat herbal dianggap dan diharapkan berperan dalam usaha-usaha pencegahan  dan pengobatan penyakit, serta peningkatan taraf kesehatan masyarakat disamping tujuan yang lain.
Oleh karena itu sebagai mahasiswa DIII Farmasi diharapakan dapat  mengetahui tanaman apa saja yang mempunyai khasiat dan mengetahui cara mengekstraksi tanaman obat menjadi bubuk ekstrak yang dapat digunakan untuk ramuan obat herbal, kosmetik atau makanan minuman. Kunjungan lapangan ke Balai Besar Tanaman Obat Dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) merupakan salah satu cara untuk lebih  mengenal, mengetahui dan menambah pengetahuan akan keanekaragaman tanaman obat yang bisa hidup di Indonesia. Melihat secara langsung bagaimana tanaman obat tersebut tumbuh, bagian mana dari tumbuhan yang digunakan sebagai obat serta cara penggunaan tanaman sebagai obat atau proses pembuatan obat herbal sampai siap diberikan kepada pasien untuk dikonsumsi dan mengetahui cara mengekstraksi beserta peralatan skala industri.
Sedikit gambaran dari B2P2TOOT (Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisonal) merupakan sebuah institusi yang bergerak dalam bidang penelitian serta pengembangan ilmu kesehatan khususnya mengenai herbal. Selain itu B2P2TOOT tidak hanya memiliki kebun tanaman obat tapi juga laboratorium untuk penelitian bahkan klinik Hortus Medicus dengan jumlah pasien rata – rata 30 – 50 pasien jadi bisa dikatakan cukup lengkap.
 
 

Kapolres Sampaikan Kuliah Umum Di STIKES Muhammadiyah Klaten

Detail

sieradMU.com Klaten Tengah – Ratusan mahasiswa Sekolah TinggiIlmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Klaten mengikuti kuliah umum dengan tema Milenial Anti Hoax dengan nara sumber Kapolres Klaten, AKBP Aries andhi. Dalam kesempatan tersebut Kapolres berharap peran mahasiswa bisa menjadi Cooling system guna meminimaliair terjadinya konflik sosial.

Wakil Ketua III STIKES Muhammadiah Klaten, Suyami mengatakan, kuliah umum ini diikuti sekitar 350 mahasiswa di STIKES Muhammadiyah Klaten, menurutnya generasi melenial adalah generasi penerus bangsa, untuk itu harus cerdas dalam menangkal berita hoax.

Selengkapnya: Kapolres Sampaikan Kuliah Umum Di STIKES Muhammadiyah Klaten

BEM PTM Jateng - DIY Tuntut Penghentian Kekerasan terhadap Perempuan

Detail

Pekalongan, 9 Maret 2019 dalam acara Silaturrahmi Wilayah (SILATWIL) BEM Perguruan Tinggi Muhammadiyah Zona IV Jateng & DIY membuat sebuah pernyataan sikap terkait hari perempuan internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret.
 
Bersamaan dengan hal tersebut BEM PTM Zona IV Jateng & DIY membacakan sejumlah tuntutan dan akan memperjuangkan bersama, yaitu 
 
1. Kebebasan berpendapat, berserikat dan berorganisasi bagi seluruh elemen masyarakat."
2. Memperluas dan memperdalam cakupan program kerja Kementerian Pemberdayaan 
Perempuan dan Perlindungan Anak sehingga dapat mengatasi lebih banyak persoalan 
perempuan, terutama di kalangan perempuan buruh, petani, dan perempuan miskin kota."
3. Mengajak kaum perempuan untuk terlibat dan berperan aktif dalam wilayah publik di 
tingkat lokal maupun nasional."
4. Menghentikan segala bentuk penindasan dan kekerasan terhadap perempuan."
5. Mewujudkan kesetaraan gender di seluruh lapisan masyarakat.
 
Maka, semangat Peringatan Hari Perempuan Sedunia sekarang dan kemudian, harus 
dilandasi dan didorong menuju sebuah gerakan revolusioner kaum perempuan menuju Keadilan 
Agraria berbasis Kesetaraan Gender. 
Salam Kesetaraan…! Bangkitlah Perempuan…! Jayalah kaum perempuan…! #iwd2019 
#stiempkl
#bemstiempkl
#bemptmi 
#bem

Puluhan Peserta Ikuti Latdas Kerohanian Islam STIKES Muhammadiyah Klaten

Detail

Puluhan peserta mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan yang diselenggarakan Bina Rohani Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Klaten. kegiatan ini juga disemarakkan dengan bakti masyarakat, berupa edukasi kesehatan dan pengecekan gula darah serta asam urat bagi warga Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah.

Aditya Kurniawan, Ketua Latihan Dasar Kepemimpian STIKES Muhammadiyah Klaten mengatakan, kegiatan dengan tema membentuk karakter mahasiswa sebagai pilar tonggak generasi milenial yang profesional dan islami ini dilaksanakan dengan tujuan membentuk kader bina rohani islam yang humanis memiliki intelektual dan berkarakter islami.

“Kegiatan pengkaderan awal anggota Bina Rohani Islam ini sebagai sarana pembekalan dalam menjalankan misi dakwah Bina rohani Islam serta penguatan mental, intelektual dan jiwa kemanusiaan, Kami menghadirkan beberapa narasumber dari Kampus juga dari Polsek Klaten”,katanya di Kampus setempat (27/1/2019).

Lebih lanjut Aditya yang juga merupakan Ketua Bina Rohani Islam STIKES Muhammadiyah Klaten ini menjelaskan, Panita yang juga dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan bakti masyarakat berupa edukasi kesehatan bagi para lansia dan pengecekan gula darah serta asam urat bagi masyarakat sekitar.

Mursinah salah satu lansia warga Kelurahan Buntalan mengapresiasi kegiatan para mahasiswa ini, menurutnya edukasi dan pengecekan kesehatan ini sangat bermanfaat bagi warga utamanya para lansia di tempatnya.

sumber : http://sieradmu.com/puluhan-peserta-ikuti-latdas-kerohanian-islam-stikes-muhammadiyah-klaten/

Seminar Nasional Keperawatan "Nursing Leadership And Health Care Management"

Detail

PPT Seminar Nasional

Seminar Kesehatan "Strategi Dan Peran Farmasi Dalam Pengobatan Menahun Diabetes Melitus"

Detail

KEGIATAN ENTREPRENER MAHASISWA TINGKAT IV SEMESTER VII PRODI S1 KEPERAWATAN

Detail

Saat ini banyak wirausaha yang sedang dijalankan baik oleh orang yang sudah profesional maupun yang masih pemula. Yang masih pemula rata rata yang menjalankan wirausaha adalah mahasiswa yang masih aktif kuliah. Mahasiswa yang menjalankan wirausaha memiliki keinginan untuk menambah uang saku ataupun menyalurkan hobi yang dapat menghasilkan uang. Berdasarkan wacana tersebut, STIKES Muhammadiyah Klaten telah memilikin kurikulum dengan mata kuliah entreprenership di tingkat IV semester VII.

Sebagai tugas akhir mata kuliah entreprener bagi mahasiswa program studi S1 keperawatan adalah melaksanakan fieldtrip. Melalui kegiatan field trip mahasiswa secara berkelompok harus melakukan jual beli makanan atau barang yang sedang laku di pasaran. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan fieldtrip sebanyak 48 mahasiswa terbagi menjadi 3 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 16 mahasiswa. Setiap kelompok memiliki tugas membuat proposal wirausaha dan melaksanakan wirausaha tersebut. Ada yang berjualan puding di car free day klaten, ada yang membuat telur asin sendiri dan memasarkan melalui online, ada yang membuat buket makanan , dan ada yang menawarkan jajan pasar di lingkungan kampus. Tujuan mahasiswa melakukan fieldtrip tersebut adalah melatih mental keberanian mahasiswa untuk memulai suatu usaha, belajar kerjasama tim dan tentu saja dapat sebagai modal memulai wirausaha.

Selengkapnya: KEGIATAN ENTREPRENER MAHASISWA TINGKAT IV SEMESTER VII PRODI S1 KEPERAWATAN

LOMBA SENI DAN BUDAYA UKM BAGAS WARAS STIKES MUHAMMADIYAH KLATEN TAHUN 2018

Detail

Budaya adalah roh kehidupan yang harus dijaga  ini adalah himbauan yang secara etimologis memiliki kekuatan spiritual yang perlu dijaga, maka secara terminologis kehidupan ini harus memiliki kebudayaan yang jelas bukan budaya campuran apalagi budaya cangkokan. Kabupaten Klaten adalah salah satu daerah yang memiliki banyak adat istiadat yang sangat banyak akan tetapi adat istiadat tersebut sudah banyak yang ditinggalkan. Oleh karenanya UKM Bagas Waras STIKES Muhammadiyah Klaten ikut andil dalam  melestarikan budaya dengan menyelenggarakan kegiatan Festival Seni Budaya dengan mengambil temaLESTARIKAN BUDAYA DENGAN KARYA

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari Minggu, 2 September 2018 mulai pukul    08.00 – 12.00 WIB di ruang aula STIKES Muhammadiyah Klaten yang diikuti oleh 10 peserta sebagai duta dari masing-masing sekolah SMA Kabupaten Klaten. Adapun jenis perlombaan meliputi:drama / teater, seni tari tradisional dengan menghadirkan juri sebanyak 3 (tiga ) orang yaitu:

Selengkapnya: LOMBA SENI DAN BUDAYA UKM BAGAS WARAS STIKES MUHAMMADIYAH KLATEN TAHUN 2018

SEMINAR “MANAGEMENT AND TREATMENT OF PNEUMONIA FOR CHILDREN UNDER FIVE YEARS OLD” OLEH HIMPUNAN MAHASISWA D III KEPERAWATAN STIKES MUHAMMADIYAH KLATEN TAHUN 2018

Detail

Pneumonia merupakan penyakit pembunuh utama pada balita di dunia. Di  dunia setiap tahun diperkirakan lebih dari 2 juta balita meninggal akibat pneumonia  (1 balita/20 detik) dari 9 juta total kematian balita. Pneumonia disebut sebagai “pandemik yang terlupakan atau the forgotten pandemic”. Tidak banyak perhatian masyarakat terhadap penyakit ini sehingga pneumonia disebut sebagai pembunuh balita yang terlupakan atau “the  forgotten killer of  children” (Unicef/WHO 2006, WPD,  2011).

Jumlah balita dengan pneumonia di Jawa tengah tahun 2012 sebesar24,74% data tersebut lebih sedikit apabila dibandingkan tahun 2011 sebesar 25,5%,  sedangkan kasus yang ditemukan sebanyak 64.242 kasus, angka ini masih sangat jauh untuk mencapai target Standar Pelayanan Minimal (SPM) tahun 2010 (100%). Oleh karenanya, sebagai calon tenaga kesehatan harus mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang cukup memadai untuk membantu masyarakat mengenali tentang pneumonia lebih dini, sehingga tindakan pencegahan dapat dilakukan.

Seminar telah dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 25 Agustus 2018 yang dimulai pukul 08.00 – 12.00 WIB bertempat aula STIKES Muhammadiyah Klaten yang diikuti oleh 400 peserta yang berasal dari dalam dan luar Klaten dengan menghadirkan tiga orang nara sumber yaitu:

Selengkapnya: SEMINAR “MANAGEMENT AND TREATMENT OF PNEUMONIA FOR CHILDREN UNDER FIVE YEARS OLD” OLEH HIMPUNAN...

AKSI BAKSOS MAHASISWA BARU STIKES MUHAMMADIYAH KLATEN KE PALU DONGGALA SULAWESI TENGAH

Detail

Bencana alam berupa gempa dan tsunami yang melanda saudara kita di Palu, Donggala, Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 masih menyisakan masalah bagi saudara-saudara kita baik aspek pendidikan, kesehatan, keamanan, pemerintahan dan masih banyak lagi. Hal ini membuat mahasiswa baru STIKES Muhammadiyah Klaten tahun Ajaran 2018/2019 tergerak hatinya untuk bisa berbagi dengan saudara-saudara di Palu, Donggala, Sulawesi Tengah.

Dengan bekerjasama dengan PMI Kabupaten Klaten, pada hari Kamis, 4 Oktober 2018 mahasiswa baru STIKES Muhammadiyah Klaten telah memberikan bantuan dalam bentuk sembako yang berupa beras 13 karung, mie 6 dus, gula pasir 5 dus, minyak goreng 13 dus, teh 7 dus, dan sabun cuci 10 karung. Sembako ini berasal dari mahasiswa baru selama mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Semoga sedikit bantuan ini bisa meringankan beban saudara-saudara yang baru mendapatkan musibah Aamiin.

Selengkapnya: AKSI BAKSOS MAHASISWA BARU STIKES MUHAMMADIYAH KLATEN KE PALU DONGGALA SULAWESI TENGAH

PROGRAM PROFEI NERS STIKES MUHAMAMDIYAH KLATEN MENGGELAR PELATIHAN PENANGGULANGAN PASIEN GAWAT DARURAT (PPGD)

Detail

Program pendidikan profesi Ners Stikes Muhamamdiyah Klaten, belkerja sama dengan Jakarta Medical Services 119 (JMS 119), menggelar Pelatihan penanggulangan Pasien Gawat Darurat (PPGD) bagi mahasiswa dan lulusan. Acara dilaksnakan selama 4 hari dari tanggal 20 – 23 September di Kampus Stikes Muhamamdiyah Klaten. Pelatihan diiukuti oleh 83 peserta yang terdiri dari mahasiswa program Studi Ners, lulusan D.III Keperawatan dan perawat dari rumah sakit jejaring Stikes Muhammadiyah Klaten.

Selengkapnya: PROGRAM PROFEI NERS STIKES MUHAMAMDIYAH KLATEN MENGGELAR PELATIHAN PENANGGULANGAN PASIEN GAWAT...

   
© 2013 | stikesmukla.ac.id